Ada kata-kata bijak yang perlu kita renungkan dalam dalam. Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa membahagiaan orang lain. Nah, salah satu caranya adalah dengan sedekah. Sebab sedekah adalah berbagi. Berbagi kepada sesama dengan sesuatu yang kita miliki. Sedekah adalah wujud syukur dan cinta kita kepada Tuhan dan sesama.

Makna sedekah
Dalam kajian keislaman, sedekah adalah sesuatu yang akrab didengar, baik lewat khutbah-khutbah keagamaan, maupun dalam kehidupan keseharian mereka yang beragama Islam.  Sedekah, sering diartikan dengan mensisihkan atau menginfakkan sebagian harta yang dimilikinya di jalan Tuhan, di jalan Allah SWT.
Namun,  arti yang demikian ini sebenarnya kurang tepat. Sedekah sebenarnya mempunyai makna yang lebih luas dari sekedar zakat, atau mengeluarkan harta tertentu, baik untuk orang miskin maupun orang-orang yang berada dalam kesulitan hidup dan mereka membutuhkan uluran tangan.
Sedekah, sebenarnya mempunyai definisi yang lebih tepat yaitu mencakup seluruh amal dan perbuatan yang baik. Tujuannya, semata-mata bukan hanya untuk dunia semata, tetapi lebih besar yaitu untuk mencapai ridha Allah SWT.

Macam-macam sedekah
Karena keluasan makna sedekah tersebut, dalam Islam, ada beberapa macam sedekah yang bisa dilakukan umatnya, untuk mencapai ridha Allah semata, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menyebut nama Allah SWT
    Yaitu dengan mengucapkan tasbih, tahlil dan tahmid. Sedekah ini adalah kewajiban kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan dan pemberiannya yang tidak pernah dapat dihitung oleh umatnya.

  2. Mencegah kemungkaran
    Mencegah kemungkaran berarti mencegah perbuatan-perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia. Baik disekitar kita maupun yang jauh dengan kita. Caranya adalah dengan menggunakan tangan (kekuasaan) yang dimiliki atau menggunakan lisan atau tulisannya agar kemungkaran itu tidak terjadi lagi.

  3. Memberi nafkah kepada keluarga
    Kadang, manusia sering lalai terhadap masalah ini. Memberi nafkah kepada keluarga sering dilakukan, khususnya untuk mereka yang menyandang sebagai seorang ayah. Jika, usaha demikian diniatkan untuk mencari ridha Allah SWT, maka yang demikian adalah sedekah.

  4. Tersenyum
    Untuk bersedekah, caranya sangat gampang. Jika tak punya harta atau sesuatu yang bisa dibagikan kepada orang lain, cukuplah dengan senyuman. Tersenyum tulus kepada semua orang sehingga menyenangkan hatinya, itupun sudah dihitung sebagai amalan sedekah. Sebuah amalan  yang mudah, tapi kadang orang sering lalai untuk tak melakukannya.

Demikian beberapa hal mengenai makna dan macam-macam sedekah. Terlampau sedikit memang, namun ketika yang sedikit itu bisa dilaksanakan sepenuhnya, insyaallah kebaikan bagi diri maupun lingkungan sekitar akan terwujud.